TIPS Tentang Rambut

  • Mencuci Rambut Dengan Benar

Kunci rambut sehat terletak pada kebersihan kulit kepala. Tentukan jadwal mencuci rambut. Tentang seberapa sering mencuci rambut sesuaikan dengan kebutuhan rambut. Untuk jenis rambut berminyak cucilah lebih sering agar tidak terasa lengket. Untuk rambut kering sebaliknya, karena pencucian yang terlalu sering menyebabkan minyak alami

  • Merawat Rambut yang Dicat

Pewarna rambut yang baik pasti mengandung zat tertentu untuk melindungi rambut dari kerusakan sekaligus menjaga agar warnanya tidak mudah luntur.

Pada dasarnya merawat rambut yang diwarnai adalah sama, apa pun warnanya, baik merah, kuning, hijau, coklat atau warna menyolok lainnya. Mungkin sepintas akan membuat anda tampak trendy, tapi pada tahap berikutnya biasanya anda akan dipusingkan dengan upaya mengembalikannya ke posisi atau warna sernula. Maklum penampilan seperti itu hanya mode sementara waktu.

Untuk perawatan di rumah, sebaiknya gunakanlah shampoo khusus untuk rambut diwarnai. Anda bisa memilih rangkaian shampoo dan kondisioner yang formulanya mengandung Nutri- Filter ditambah Cationic Polymers yang mampu membentuk semacam lapisan pada setiap helai rambut sehingga rambut terlindung dari pengaruh buruk lingkungan seperti sinar matahari dan polusi udara. Hasilnya, warna rambut tidak cepat pudar, rambut pun tampak sehat berkilau

Untuk perawatan di salon, Anda bisa melakukan creambath setiap 2 atau 3 minggu sekali. Tapi jangan lupa, perawatan salon tidak akan maksimal bila Anda tidak teratur merawat rambut secara intensif di rumah! Untuk menghindari hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan, dianjurkan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum mewarnai rambut, Caranya:
– Oleskan sedikit krim pewarna rambut di bagian belakang telinga
– Diamkan selama kurang lebih 48 jam
– Jika Anda tidak merasakan reaksi seperti gatal- gatal, timbul ruam merah atau iritasi berarti Anda dapat melanjutkan mewarnai rambut
– Tapi sebaliknya jika terasa panas, gatal dan iritasi berarti Anda mengalami reaksi alergi. Hentikanlah pemakaian segera.

Ketika menjalani proses pewarnaan, lapisan kutikula akan membuka sehingga pigmen warna jadi mudah terserap. Jadi jika Anda mencucinya langsung menggunakan shampoo maka sebesar kurang lebih 50% pewarna rambut akan memudar. Waktu keramas yang dianjurkan minimal 24 jam setelah proses pewarnaan. Gunakan shampoo dan kondisioner khusus rambut diwarnai. Dengan demikian, pigmen tak mudah luntur dan rambut pun terlindungi. Perlu Anda ketahui juga bahwa pewarna rambut yang baik pasti mengandung zat tertentu untuk melindungi rambut dari kerusakan sekaligus menjaga agar warnanya tidak mudah luntur

  • Tips Merawat Rambut Berkerudung

Sengaja aku khususkan buat yang kerudungan saja tips ini. Karena banyak banget masalah yang dialamin cewek berkerudung tentang perawatan rambut. Kadang ada yang jengkel sampe dipotong cepak, alasannya sepele rambutnya rusak soale sering diikat. Ups jangan salah .. bagi kamu yang berkerudung bisa kok punya rambut panjang dan indah asal kamu mo merawatnya. Ini sedikit tipsnya:

1. “Walaupun kamu berkerudung harus tetep cuci rambut minimal 2 kali seminggu yah.. mentang mentang nggak keliatan trus nggak pernah keramas.. idih..
2. Usahakan kalo keramas sore sehingga terhindar dari sinar matahari langsung.
3. Kalo terpaksa harus segera berkerudung, keringkan dulu rambutmu, biar nggak terlalu basah.
4. Hindari sisiran pada saat rambut basah. Ini mencegah rontoknya rambut dan mencegah rambut jadi kempel nggak tergerai satu satu.
5. Saat mengucir rambut jangan pake karet, Karena rambut akan sulit bernapas dan malah jadi rusak.
6. Pada saat di rumah (nggak berkerudung) biarkan rambut tergerai, sehingga rambut dapat bernafas. Misale gerah banget, dijepit aja.
7. Sisirlah rambut sebelum tidur, dan pada posisi tidur rambut ditaruh di atas kepala. Sehingga nggak terlalu mosak masik saat bangun.

Bagi cewek kerudungan, met mencoba yah, semoga bermanfaat. Jangan keburu dipotong yah rambutnya. Rambut kan mahkota juga selain kerudung

  • Perawatan Rambut di Malam Hari

Seperti sel-sel kulit dan bagian tubuh lainnya, sel rambut juga mengalami regenerasi aktif di malam hari. Karena itu memberikan nutrisi dan perlakuan khusus sebelum tidur akan membuat kesehatan dan kecantikan rambut Anda tetap terjaga.

Pijatan. Dengan memijat-mijat kulit kepala, debu dan polutan yang menempel pada rambut akan rontok. Selain itu juga melancarkan peredaran darah. Lakukan pijatan paling 2-10 menit sebelum pergi tidur.

Menyisir. Sisir akan meratakan minyak yang dikeluarkan kulit kepala dan mencegahnya mengumpul pada satu tempat, yang bisa menghambat pertumbuhan rambut. Selain itu, menyisir juga akan menutup kutikula sehingga rambut akan tampak lebih bersinar.

Ketombe. Minyak esensial dari batang tanaman teh diketahui mempunyai daya antiseptik, membersihkan dan detoksifikasi. Usapkan dan pijat-pijat di kulit kepala sebelum tidur dan bilas di pagi harinya.

Pelembab. Jaga selalu kelembaban rambut. Anda bisa membuatnya dari campuran lavender atau rosemary oil dengan sweet almond oil. Usap dan pijat-pijatkan pada kulit kepala serta rambut dari pangkal sampai ujung. Bungkus dengan handuk dan biarkan semalaman.

Bercabang. Jika rambut Anda bercabang, potong dulu cabangnya, lalu rawat dengan campuran minyak bunga matahari dan minyak cendana. Usapkan cukup banyak pada ujung rambut, biarkan semalaman dan cuci di pagi harinya.

Ingin membuat rambut berombak? Malam hari sebelum tidur, lembabkan rambut dengan sedikit air, tapi pastikan kulit kepala tetap kering. Bagi menjadi tiga atau empat bagian, lalu jalin atau kepang dan biarkan semalaman. Ombak yang dihasilkan tergantung dari kencang tidaknya mengepang. Semakin kencang, akan semakin keriting

  • Problema Kerontokan Rambut

Belakangan ini rambut saya gampang rontok. Setiap menyisir cukup banyak helai rambut yang ikut tersangkut di gigi sisir. Padahal saya sudah mengganti dengan sisir yang memiliki gigi agak longgar. Tetap saja tidak ada perubahan. Kata teman saya mengalami problema rambut karena beban psikologis alias stress. Apa benar begitu padahal saya enjoy-enjoy aja? Atau ada factor lain yang tak saya sadari?

Banyak faktor yang dapat meng akibatkan terjadinya kerontokan (bahkan sampai kebotakan), antara lain:
1. Stress
2. Pengobatan atau penyakit tertentu
3. Kekurangan mineral
4. Diet yang tidak seimbang
5. infeksi jamur/ bakteri
6. Penggunaan produk tertentu (tidak cocok)
7. Penggunaan alat penghias rambut, misalnya mengikat rambut terlalu kencang atau penggunaan brush rollers yang terlalu sering
8. Perubahan hormon, misalnya ketika hamil. Kehamilan dapat menyebabkan produksi folikel terhenti untuk sementara
9. Kebotakan dapat pula disebabkan oleh faktor genetis

Dalam kondisi normal pun kerontokan rambut bisa saja terjadi. Biasanya ketika kulit kepala mengalami masa istirahat (resting stage) untuk kemudian beregenerasi kembali. Berbeda dengan lansia, pada usia muda kerontokan serta perubahan warna rambut masih tergolong normal bila tidak melebihi 15 % (termasuk yang Anda temui pada sisir, bantal dan ketika Anda keramas !) dari jumlah keseluruhan rambut yang menempel di kulit kepala.

Rata- rata jumlah normal rambut rontok perhari adalah 20 hingga 60 helai (dibawah 100). Semakin tua usia seseorang, semakin banyak jumlah rambut yang rontok dan tidak tumbuh kembali. Untuk menguatkan akar rambut, rawatlah menggunakan shampoo berformula khusus yang dapat membantu memberi asupan nutrisi bagi rambut, sehingga dapat mengurangi kerusakan rambut hingga 40 %. Gunakan kondisioner supaya hasilnya optimal

  • Tips untuk pertumbuhan rambut

Kurangi atau berhenti merokok, kafein dan soda yang bisa menghambat rambut tumbuh maksimal.
– Pilih makanan diet yang sehat, hindari makanan berkadar lemak atau gula yang tinggi.
– Perlakukan rambut seperti tali yang sudah tua. Rawat dengan hati-hati dan jangan terlalu sering menyisir atau memegang rambut.
– Hindari menggunakan air panas, pengering rambut yang terlalu panas atau alat lainnya yang bisa membuat rambut menjadi stres.
– Jangan lupa berolahraga
– Lakukan perawatan rutin seperti creambath dua minggu sekali atau hair spa
– Potong ujungnya secara teratur untuk menghindari rambut bercabang
– Istirahat cukup, sehingga rambut tubuh subur

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: